13 September 2017

Sebagai seorang guru, gue pasti dihadapkan dengan pembuatan administrasi guru atau perangkat pembelajaran. Salah satunya adalah membuat tugas yang harus dikerjakan siswa. Berhubung mata pelajaran yang gue ampu berhubungan dengan langsung dengan teknologi informasi dan komunikasi, gue berusaha memanfaatkan fasilitas yang tersedia di sekolah dengan cara menggunakan laboratorium komputer sesering yang diperbolehkan. Hehe, maklum, kalau masih semester ganjil biasanya jadwal penggunaan lab masih longgar, kalau udah semester genap biasanya bakal sering dipakai untuk Try Out atau ujian kelas XII.

Nah, sejalan dengan keinginan gue juga untuk mengurangi penggunaan kertas dalam pembelajaran (paperless), gue seringkali mengupload tugas yang harus dikerjakan siswa ke cloud storage. Nanti siswa tinggal buka url yang gue sediakan, dan membaca sendiri file yang harus mereka kerjakan. Gue selalu mengunggah file tugas dalam format PDF.

Tapi namanya juga siswa, setiap pertemuan selalu aja tanya, "Bu ini boleh di copy-paste atau enggak?". Harusnya sih mereka tau gue bakal jawab apa doong. Dari situ gue berpikir (tanpa bermaksud suuzon ke murid sendiri) bahwa akan selalu ada kemungkinan siswa untuk copy paste tugas yang harus mereka kerjakan. Oiya, fyi, gue ngampu materi tentang Microsoft Office, salah satunya Microsoft Word yang sebagian besar tugasnya adalah mengetik ulang sebuah teks dengan pemformatan yang sudah ditentukan.

Untuk mengantisipasi adanya kesempatan copy paste itu, sekaligus melatih mereka untuk terbiasa mengetik dan membaca, akhirnya gue memutuskan untuk memprotect file PDF yang gue unggah sebagai tugas mereka. Cara ini lumayan ampuh sih untuk siswa di sekolah tempat gue ngajar. Caranya juga nggak terlalu susah, cukup dengan satu software tambahan, yakni DoPDF 7 yang bisa diunduh gratis di sini, plus software PDF reader lain yang bisa gue pakai. Gue biasanya pakai Nitro PDF Reader yang Free.

Setelah selesai unduh DoPDF 7 nya, silakan diinstal terlebih dahulu.

Nah, sekarang saatnya mencoba!

1. Buka file PDF di PDF Reader yang kalian punya

2. Pilih menu File --> Print
3. Pada kotak pilihan Printer, pilih DoPDF v7 --> OK


 4. Pada kotak isian yang tersedia, pilih Nama File dan Lokasi Penyimpanannya --> OK

5. Taraaaa! Sekarang file PDFnya sudah tidak bisa dicopy-paste


Nah, beginilah usaha para guru untuk melatih siswa supaya tidak asal copy paste. Rasanya sih nggak terlalu sulit ya. Kalian bisa coba juga pakai cara ini. Selamat mencoba!

Komentar dari:

Precious Moment . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates