1 Februari 2016

Hari ini Februari, tanggal 1.

Ada yang spesial? Ada dong. Tapi nggak perlu ditulis di sini deh. Hehe.

Yang jelas, hari ini adalah jadwal kelas F PTI 2011 perwalian sama pak dosen Pembimbing Akademik. Kami, para mahasiswa yang masih jadi pejuang skripsi, udah mulai masuk ke semester dua digit yang pada saat-saat tertentu bikin gue mengerenyitkan dahi sambil ngebatin "Anjir, dulu gue nggak pernah ada niatan kuliah S1 sampai 5 tahun..". Tapi beginilah faktanya. Haha. Temen-temen sekelas pun udah cukup banyak yang lulus, sekitar 25%.

Jadwal janjian sama pak dosen yang tadinya dibroadcast via WA oleh ketua kelas (yang seringnya menganggap dirinya sendiri sebagai pembantu umum) adalah jam 8 pagi, tapi karena jam segitu pak dosen baru menerima tamu, jadilah perwalian baru mulai sekitar jam 10. Waktu yang dipakai buat nunggu cukup untuk gue dan temen-temen ngobrolin banyak hal. Beberapa dari kami udah jarang ketemu kecuali emang kebetulan atau emang udah janjian. Tapi untuk beberapa orang, hampir setiap ke kampus gue selalu ketemu mereka. Yap, mereka yang sedang mengejar-ngejar keberadaan dosen dan berusaha melepaskan diri dari jeratan skripsi yang semakin lama semakin bikin sesek napas.

Pas perwalian dimulai, pak dosen mulai bertanya soal progress pengerjaan skripsi kami. Ada yang baru aja selesai ujian, ada juga yang baru mau ngajuin proposal. Untungnya kalau sama pak dosen ini bawaannya nggak spaneng, alias nggak diomel-omelin karena skripsi belum kelar. Jadi, kitanya juga nggak terlalu merasa tertekan. Ada satu pembahasan yang gue setuju banget sama pak dosen, yakni; "Sepanjang orang tua masih sanggup buat ngebiayain kuliah, tanggung jawab lo sebagai mahasiswa ya ngelarin apa yang harus lo kelarin dulu". Soalnya kan kadang ada yang lagi ngerjain skripsi, terus nggak mood, terus berasa selo, terus kerja, terus kok kerja enak yaa dapet duit, terus keterusan deh kerjanya karena udah kerasa enak bisa megang uang sendiri. Akhirnya skripsinya entar-entar. Apalagi kerja juga terikat tanggung jawab dan kontrak yang kadang nggak bisa seenak udelnya sendiri dilepas. Akhirnya skripsinya entar-entar. Gue nggak menggeneralisir ya soal kerja ini, in case ada mahasiswa yang emang harus banget kerja supaya bisa ngelanjutin kuliah, ya monggo aja.

Gue aja yang nggak kerja, ngerjain skripsi udah hampir setaun. Haha. Lama banget --" Tapi doakan aja ini akan segera selesai. Sempet ada waktu 'nganggur' karena harus mempelajari tools yang dipakai buat bikin produk di penelitian gue. Tapi kalau kelamaan ngerjain tuh gue sendiri ngerasa udah bosen. Yang gue khawatirkan adalah saat nanti gue beneran bosen ngerjain ni skripsi, terus gue tinggalin dengan cari kesibukan lain. Kalau kata salah satu dosbing temen gue mah gini; "Mahasiswa yang lagi ngerjain skripsi tuh kadang lebih milih disuruh ngecat pager daripada megang skripsinya sendiri". Haha. Tapi bener deh, dalam masa pengerjaan skripsi yang terlalu lama, akan ada masa dimana lo merenung di dalam hati bahwa "Kalau gue nggak ngelarin ni tanggung jawab, gimana gue mau megang tanggung jawab yang lebih besar lagi?", kayak kerja, dan atau menikah misalnya :3

Salah satu temen gue yang udah lulus dan menyempatkan diri buat dateng pas perwalian tadi diminta pak dosen buat ngasih motivasi. Dia nggak banyak bilang apa-apa sih, cuma nyeritain soal gimana pas dia ngerjain skripsi dan beberapa tips biar skripsi lancar. Salah satunya adalah, kalau kita mau urusan kita dimudahkan Allah, maka mudahkanlah urusan orang lain. Jadi, selama kita bisa, kalau ada yang minta tolong ya dibantu. Gitu. Terus, dia bilang, setiap orang tu harus punya motivasi yang bener-bener bisa bikin semangat buat nyelesaiin skripsinya. Motivasi tiap orang pasti beda-beda, jadi coba deh lihat ke diri terdalam, lo ngerjain skripsi ini buat apa? buat siapa?

Udah sih, isi perwalian secara garis besar kayak gitu. Pak dosen pengen perwalian kali ini adalah yang terakhir buat kami di jenjang S1. Pak dosen pengen semuanya segera lulus dan melanjutkan apa yang menjadi cita-cita kami. Semoga yang belum mulai bisa segera memulai, yang sedang berjalan semoga tidak terlena saat istirahat, dan yang menjelang akhir semoga nggak kehilangan semangat.

Buat temen-temen Cuplaxer, karena kita tinggal ber-sedikit, saling doain, saling ingetin dan juga saling bantu ya. Semoga nggak perlu ada diantara kita yang ketinggalan di kelas terus perwalian sendirian ke pak dosen untuk semester-semester selanjutnya. SEMANGAT!!!!!!!!

Komentar dari:

Precious Moment . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates