20 Juni 2013


Akhirnya setelah terakhir kali nonton Superman Returns dengan Brandon Routh yang ganteng sekali *uhuk*, saya nonton lagi film superhero yang punya lambang "S" di kostumnya ini. Kali ini judul filmnya tidak menggunakan embel-embel Superman, tapi film besutan Zack Synder ini mengambil judul Man of Steel. Semenjak awal tanda-tanda kemunculan film ini, saya udah ngebet banget pengen nonton. Dan Alhamdulillah, saya nggak sendirian. Beberapa teman ternyata punya antusias yang sama, alhasil kami nonton bareng-bareng.

Mungkin ini adalah film dengan durasi terlama selama saya nonton di Bioskop. Masuk studio jam 18.00 dan keluar jam 20.20. Dua jam lebih saya disuguhi film yang epic, apik meskipun bikin capek. Hehe.

Film diawali dengan kelahiran seorang anak dari bangsa Krypton. Ia merupakan anak dari Jor-El dan Lara, yang diberi nama Kal-El. Kal adalah anak yang lahir secara alami untuk pertama kalinya di planet Krypton, justru ketika planet tersebut berada di ambang kehancuran. Jenderal Zod, salah satu petinggi planet Krypton berencana untuk menyelamatkan planet tersebut dengan menentukan keturunan siapa yang berhak hidup di planet tersebut. Demi keselamatan Kal, yang diharapkan bisa membawa perubahan yang baik dan menyelamatkan generasi dari planet Krypton, Jor mengambil Codex milik bangsa Krypton, kemudian Kal dikirim ke sebuah bintang yang ternyata adalah Bumi. Ketika proses pemindahan itu, Jor-El dibunuh oleh Zod. Dan karena kudeta tersebut, Zod beserta anak buahnya dihukum di dalam blackhole selama 20ribu tahun. Setelah itu, planet Krypton mengalami kiamat, hancur, kemudian meledak.

Selama tinggal di Bumi, Kal diberi nama Clark dan diasuh oleh keluarga Kent. Adaptasi cukup sulit dilakukan oleh Clark, karena dia bukan berasal dari Bumi. Clark kecil sering sekali diperlakukan tidak baik oleh teman-temannya, namun meskipun sebenarnya dia bisa melawannya, dia terpaksa harus menahan diri karena Jonathan Kent (Ayah asuh Kal di Bumi) tidak mengizinkan Clark untuk menampakkan kekuatannya di depan manusia Bumi. Sampai pada suatu hari ketika tornado menyerang kotanya, Clark harus menyaksikan dengan mata kepalanya sendiri, tornado membuat Ayahnya meninggal karena Clark tidak diizinkan menolong Ayahnya. Tetapi, sebelum Ayahnya meninggal, ia sempat memberitahu asal-usul Clark dan darimana ia menemukan Clark.

Ketika dewasa, Clark bersama dengan seorang wartawan dari Daily Planet, Louis Lane bertemu di Kanada saat pasukan militer Amerika sedang melakukan penelitian terhadap benda asing yang diduga kapal selam tersembunyi dibalik gunung es. Rupanya, itu bukan hanya kapal selam, tetapi pesawat dari planet Krypton yang dibuat oleh Jor-El. Disitulah asal-usul Clark terungkap. Louis Lane berusaha mencari tahu tentang keberadaan Clark yang telah menolongnya, tapi kemudian menghilang. Tetapi begitu Louis mendapatkan pola dan menemukan titik terang, ia memutuskan untuk tidak lagi mengungkit mengenai Clark.

Tapi terlambat, suatu hari, dunia mendapatkan pesan bahwa mereka tidak sendirian di bumi ini. Pesan itu disampaikan atas nama Zod, yang berkata bahwa diantara manusia yang ada di bumi terdapat salah satu bangsa Krypton. Bagi siapa saja yang mengetahui, diharapkan untuk menyerahkannya kepada Zod dalam waktu 24 jam dengan jaminan keselamatan bumi. Seusai pesan tersebut disampaikan, Louis ditangkap oleh FBI untuk dimintai keterangan perihal pencarian informasi yang pernah ia lakukan terhadap Clark.

Setelah itu, Clark menyerahkan diri. Tapi saat Zod dan teman-temannya menjemput, mereka meminta agar Louis ikut kedalam pesawat mereka. Sebenernya agak bingung kenapa Louis diajak masuk. Di dalam pesawat, Louis cuma diberikan semacam topeng karena atmosfir pesawat itu tidak seperti atmosfir Bumi. Kemudian Louis dikurung disebuah ruangan, dan di dalam ruangan itu ia malah bertemu dengan 'bayangan' Jor El dan kemudian diajari bagaimana cara untuk bisa membantu menyelamatkan bumi.

Waktu itu sempet bingung kenapa kok Zod dan teman-temannya bisa menemukan Clark di Bumi. Ternyata, mereka mendapatkan sinyal dari Clark yang mengaktifkan pesawat pengintai di Kanada pada waktu itu. Mereka bisa bebas karena pada saat Krypton hancur, blackhole yang mengurung mereka pun ikut hancur sehingga mereka bisa bebas, membangun serangan, dan mengetahui keberadaan Clark  untuk segera menyusulnya ke Bumi.

Ternyata niat Zod ke Bumi juga untuk menjadikan Bumi sebagai Krypton yang baru. Manusia yang awalnya tidak percaya kepada Clark, akhirnya mau membantu Clark untuk menghancurkan Zod dan teman-temannya sebelum mereka menjadikan Bumi menjadi benar-benar seperti Planet Krypton. Mereka membangun serangan yang telah direncanakan sedemikian rupa dan setelah melewati banyak rintangan, mereka berhasil menghancurkan kapal induk milik Zod serta menggagalkan proses peng-Krypton-an Bumi.

Tapi film belum selesai sampai disitu. Setelah kapal hancur, ternyata Zod masih hidup. Dan disinilah pertarungan one by one dimulai. Dua orang yang bukan berasal dari bumi, dengan kekuatan yang amat sangat super bertarung di Bumi. Anak-anak yang dilahirkan di Krypton (di Tabung Bayi) sudah memiliki takdir yang mengikat mereka, dan Zod dilahirkan dan ditakdirkan untuk menjaga Planet Krypton, bagaimanapun caranya. Setelah pertarungan sengit, Zod akhirnya mati di tangan Clark. Mengapa Clark bisa begitu kuat? ya, karena Codex itu. Codex itu ditanamkan pada sel tubuh Clark saat dulu ia akan dikirim ke Bumi oleh orang tuanya.

Di akhir cerita, untuk menyamarkan dirinya agar seperti manusia yang lainnya, Clark bekerja di Daily Planet bersama dengan Louis Lane.

Sepanjang film, saya terpukau lihat animasinya. Keren banget. Ah, pokoknya keren... Meskipun sebagian besar adegannya berantem dan bikin capek, overall saya puas banget untuk film ini. Oiya, sesaat setelah membunuh Zod, Clark menangis. Dan komentar temen disebelah saya gini : "Superman juga bisa nangis peh". Padahal Clark bukan manusia ya, tapi karena sudah 33 tahun tinggal bersama manusia dan mengadaptasi ekologi manusia beserta dengan moral yang menyertainya, bukan hal yang tidak mungkin Clark juga bisa nangis. Hehe.

Kostumnya juga keren. Sisi steel nya ngena banget. Tapi saya kehilangan ciri khas Superman yang biasanya ada rambut bentuk huruf S gitu di keningnya :3

Saran aja, untuk yang belum nonton dan yang mau nonton, lebih baik nonton yang versi 3D biar feelnya lebih dapet dan lebih greget. 

Clark : "Bu, dunia ini terlalu luas untukku..."
Martha Kent : "Maka buatlah jadi kecil..."

Komentar dari:

Precious Moment . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates