21 Januari 2012

"Kakak, kakak kok kuliah di UNY sih? UNY kan nggak terkenal?"

Haha kaget aja dapet pertanyaan kaya gitu dari adek kelas sewaktu tadi siang berkunjung ke SMA ku. Sejujurnya aku bingung mau jawab apa, tapi ada seberkas sinar menerangi jalan pikiranku *halah*

"Kuliah itu, tergantung keinginan kamu. Kalo kakak, emang pingin kuliah di PTN di Jogja..."

Dan jawaban itu cukup membuatnya terdiam. Tapi aku jadi berfikir, apakah benar motivasiku memilih UNY hanya semata karena pingin kuliah di Jogja? Ah, sepertinya munafik sekali saya. Tapi alasan sesungguhnya benar-benar tidak bisa diutarakan sedemikian gamblangnya.

**


Dik, apapun perguruan tinggi yang nantinya kamu jadikan tempat menuntut ilmu, kamu harus tetap serius belajar. Mau terkenal atau nggak terkenal kampusnya, kamu kuliah bukan cuma atas nama kampusmu, tapi atas dirimu sendiri :)

Makanya agak miris ngeliat temen-temen dari IPB begitu semangatnya mengadakan sosialisasi IPB ke SMA ku. Jelas, jumlah mereka banyak dan memang IPB masih memikat para siswa di SMA ku. Sementara, apa yang bisa aku lakukan untuk mengenalkan UNY kepada mereka? Bahwa UNY itu ada loh...

Seorang guru juga tadi siang bertanya, 

"Hanifah, kamu sekarang kuliah dimana?"
"Di Jogja bu.."
"Oh, di UGM ya?"
"Bukan bu. UNY, Universitas Negeri Yogyakarta.."

Lagi-lagi, bahkan ketika nama daerahnya sudah disebut, UNY masih juga belum menjadi primadona. Masih tertutup kemegahan UGM dimata orang-orang. Sebegitu tidak terkenal kah UNY ?

Tapi dibalik ketidak tahuan dan anggapan mereka tentang UNY, aku tetap bangga menjadi mahasiswa UNY. Mereka seperti itu karena mereka belum kenal. Mereka tidak tahu lulusan sekolah menengah atas di berbagai macam daerah di Indonesia juga mendamba UNY. Hanya saja mungkin UNY memang tidak se eksis banyak PTN yang sekarang namanya membumbung tinggi.

Kalau dengan cara seperti itu, mungkin UNY memang akan kalah pamor, tetapi jika kita tetap bangga dengan UNY dan membawa UNY dengan prestasi-prestasi cemerlang, bukan tidak mungkin UNY akan semakin dikenal oleh orang-orang, terutama di SMA ku.

4 komentar

Ternyata memang UNY belum begitu terkenal, tapi menurutku kuliah memang bukan atas dasar nama besar perguruan tinggu tapi lebih di passion kita belajar. Mau di mana aja nyari ilmu yang penting niat dan sungguh-sungguh :)

REPLY

Eeeh ada mas nya :) Bener mas, dulu bisa dapet passion buat serius belajar saat tau kenyataan bahwa emang jalan saya bukan di Univ paling ternama di Jogja itu. Saya juga bisa sukses di tempat lain, insya Allah ..

REPLY

Awal mula uny juga dari fakultas pedagogie ugm kok mas. :-)

REPLY

Hehe, saya perempuan..

REPLY

Komentar dari:

Precious Moment . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates