7 Agustus 2011

OSPEK nya udahan

Hidup Mahasiswa!!
Hidup Mahasiswa Indonesia!!

/cieh/ hehehe~
Mana ada ya mahasiswa cengengesan kaya gue begini. Hadeh -_-

Pertama-tama, gue mau mengucapkan, Alhamdulillahirabbil'alamin, karena OSPEK UNY udah berakhir, kemaren. Eits, bukan karena gue bersyukur OSPEKnya udahan, tapi karena gue udah berhasil melewati satu tahapan sebagai maba. Suatu hal yang dulu paling gue takutkan, gue takut apa gue bisa menjalani ospek di bulan Ramadhan kali ini, gue takut kalo nantinya ospek bakal diisi dengan kegiatan yang berbau senioritas, gue takut ospek nanti banyak menggunakan kekerasan fisik. Sampe-sampe pas gue tau ospek tanggal 2-6 Agustus, gue tegang banget. Asli. Saat gue menecritakan apa yang gue rasain ke orang-orang disekitar gue, mereka memberi gue semangat dan berkata yang intinya, "santai aja Han ospek mah, everything will be fine :)" "OSPEK cuma sekali seumur hidup kok Han". Nah, beberapa sugesti positif mulai tertanam di dalam pikiran gue. GUE PASTI BISA.

Akhirnya hari H nya pun tiba, OSPEK universitas /yang sebelumnya sudah gue ceritakan disini / . Dan tibalah ospek fakultas, di Fakultas Teknik, tepatnya di gedung KPLT.

Seperti biasa, maba diwajibkan datang sebelum jam 6.15. Dan gue berangkat dari rumah tuh jam setengah 6 terus selama OSPEK. Pas sampe di KPLT, udah lumayan banyak yang dateng. Jam 6.15, upacara pembukaan dimulai, Pak Wardan Suyanto sebagai Dekan FT yang membuka acara ospek fakultas kali ini, pas upacara aja acaranya udah seru, karena pak Dekan ngebagiin voucher gratis buat temen-temen maba yang beruntung. Dari situ, maba FT UNY 2011 juga tau kalo ternyata ada seorang maba putri yang naik sepeda dari rumahnya di Prambanan. Wow, super sekali ~ :D

Selesai upacara, maba dikondisikan menuju lantai 3 KPLT. Oiya, ada yang tau singkatan KPLT ?? Kantor Pusat Layanan Terpadu. Kita dikondisikan untuk mengikuti seminar gitu, ada moderator, pembicara. Wah nih kan gue dapet ilmu, kalo seminar tuh moderator harus gimana, bacain CV, ah pokoknya berilmu deh hehe. Seminar berlangsung dampe Sholat Dzuhur. Habis Sholat Dzuhur, kita ada kepemanduan, tim 11 kumpul jadi satu. Ditemani pemandu-pemandu yang baik, cantik dan ganteng2 :3 Membahas materi Peran Mahasiswa, dan bikin yel-yel. Seru banget deh asli, si Ageng yang selalu motong kalo Mbak Wita lagi ngomong hahaha.

Jam 4, maba pulang. Yeeee~ Sore itu, gue, moro, udin, aya, eva minta tanda tangan UKMF, terus lanjut ke SC buat minta tanda tangan UKM. Namun apadaya berhubung udah mau Maghrib, semua UKM udah pada tutup, jadi mau tak mau kita pulang deh~

Besoknya, Jum'at 4 Agustus 2011, masih dalam acara ospek FT UNY 2011, pagi-pagi, maba dikondisikan di lapangan buat ngelihat display UKMF,. Di FT UNY ada 5 UKMF, yaitu UKMF Mapala Carabiner buat yang suka pecinta alam, terus UKMF Matriks buat yang suka meneliti, UKMF Olahraga bua yang suka nyemir sepatu /eh salah/ maksudnya buat yang suka olah raga, UKMF KMM buat keagamaan khususnya Islam, dan UKMF Fenomena buat yang suka jurnalistik /Yeeee gue hafal. wkwkwk/.

Selesai display UKMF, maba dikondisikan di lantai 3 KPLT buat acara seminar BEM sama DPM FT. Disitu kita dijelasin tentang ORMAWA yang ada di FT, ormawa yang terdiri dari HIMA dan UKMF ini, di FT ada 11. HIMA mesin, Hima oto, Himagana, Himanika /yeeeeeeeeey anak-anak PTElka nih/ , Hima Teknik Sipil, dan HIME /buat PT Elko/. Kita jadi tau deh macem-macem ormawa~ Acara dilanjutkan dengan pemutaran film dokumenter fakultas, dan Sholat Dzuhur.

Setelah sholat Dzuhur, maba dikondisikan lagi buat KREMATEK atau Kreasi Mahasiswa Teknik. Acara dimulai dengan penampilan dari kakak-kakak panitia yang bikin drama Opera Van Ospek. Temanya tentang pendidikan karakter. Lucu sih, cuma kadang-akadang gue gak ngerti mereka ngomong apa karena suara mic nya nggak kedengeran. Lalu dilanjut dengan penampilan dari tiap tim, cuma sayangnya nggak semua tim kebagian tampil, karena waktunya mepet. Halah, lagi-lagi waktu :p Ada tim yang nampilin drama, lagu, puisi. Dan disitu juga diceritain kalo ternyata ada temen kita, maba FT UNY dari salah satu tim, yang seharusnya ikut OSPEK bareng-bareng, harus mengundurkan diri dari UNY, karena mengalami musibah kecelakaan, dan membutuhkan banyak biaya, yang akhirnya biaya untuk kuliah, dipakai untuk berobat. Asli gue sedih banget pas denger cerita itu :'( Acara OSPEK hari keempat ditutup dengan orasi dari dua maba FT putra dan putri. Eh yang putra mirip Oka Antara loh /ini lita orasinya apa liat mukanya/. Wkwkw..

Pulang ospek hari keempat, disii dengan foto-foto sama tim 11, terus gue ngacir ke kosan aya, gara2 buat ngerombak cocard jurusan yang tiba-tiba lampunya mati :( Padahl itu cocard udah dijait pake kawat :( parah ya~ Terus jam 7 lewat, dijemput temen ke SC, minta tanda-tangan UKM yang kemaren belum kelar. Terus ke PKM juga minta cap HIMANIKA buat cocard jurusan. Wuih, itu teh belum mandi, belum ganti baju, belum balik ke rumah. Masih lengket asli hahahah :D Dan setelah semua kelar, gue pulang, sampe rumah jam setengah 10 -_- wanjirrrr~ Dan itupun masih belum bisa tidur, harus checking penugasan buat ospek jurusan, terus bikin artikel sampe ngantuk-ngantuk, dan baru bisa tidur jam setengah 1.

Paginya gue kelabakan, bangun sahur kesiangan, penugasan belum dimasukin tas semua, cocard belum dikasih rafia. Wih kamar gue udah kaya kapal pecah. Bearntakan itu karton dimana-mana, asturo biru, cutter, lem, paku, gunting. Sahurnya nggak nikmat banget asli. Jam 5 lebih 20 menit gue berangkat. Jalanan dingin bauangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet ~

Sampe KPLT, langsung dikondisikan per jurusan. Yah gabisa ketemu tim 11 :'( Lucu-lucu deh artribut jurusannya. Anak sipil, cocardnya bentuk gapura, topinya bentuk atap rumah. Anak mesin, pake baju robot, pake tas dari karton yang dibentuk kaya roda gitu, anak PTBB cocardanya boneka 3 dimensi sama topi chef, anak elektro nih yang paling gampang, cocardnya cuma prototype robot terus dilaminating. Dan anak Elektronika, gue dan temen-temen gueeee cocardnya bentuk laptop, pake lampu LED -_- Gila ribet banget..

Acara dimulai, semua maba dikondisikan di jurusan masing-masing, PTElka paling belakang jadinya berangkat duluan. Ckck. Acaranya dimulai dari checking penugasan. Alhamdulillah lengkap. Terus, tour lab. Kita tour ke 9 lab di PTElka, ada lab Bengkel Proyek, Mesin Dasar, Elektronika Dasar, Listrik Dasar, Instalasi dan Perakitan, Jarkom, Kendali, sampe di RE 5, kita praktek nyambungin kabel UTP ke konektor rj 45. Wkwkwk disini baru skillnya anak SMK ketauan. Anak SMA cuma melongo aja, kaya gue gini kaga ngarti apa-apa. Wkakaka~

Sesudah Tour Lab, kita dikondisikan buat seminar sama Kajur dan Kaprodi di PTElka. Banyak hal yang bisa digali, diantaranya kenapa PTI dimasukkan kedalam PTElka, apa hubungannya. Terus, Siapa-siapa aja komponen di PTElka. Banyak deh ilmu yang diserap. Terus, acara lanjut dengan LCC dan lomba gambar peta Lab di PTElka. Dan gile nya , gue disuruh ikut mewakili tim buat lomba gambar itu, bareng Wulan sama Anang. Terus yang ikut LCC da Okta, Irfan sama Adit. Alhamdulillah kelompok gue, DIODA, juara 1 loh guys hahahah :D. Beralih ke loma gambar, gambarnya Anang juga keren banget. Gak salah temen-temen milih anang, daya ingatnya kuat. Dia gambar petanya mirip banget dan rapi. Gue bikin kasarnya, dia bikin  yang halusnya. Waktunya cuma 20 menit, dan semoga DIODA menang lagi. Aamiin.

Acara dilanjut dengan Diskusi tim, pas kita lagi diskusi, tiba-tiba beberapa orang diantara kita, dipanggil. Entah buat apa. Mereka suruh ngikutin panitia, ke ruangan di belakang. Pas kloter  kedua, ternyata gue ikut dipanggil juga. Tau-taunya, yang dipanggil itu adalah mereka yang buat kesalahan. Artribut nggak lengkap atau penugasan gak lengkap, atau telat. Tapi gue nggak merasa ada sesuatu yang salah di diri gue -_- Masa gue harus dihukum juga. Ckck. Setelah bulak balik, kita ketemu Mas Adrian dari Tim Point. Beliau ngasih kita wejangan tantang posisi kita sebagai mahasiswa yang harus konsisten. Kita nggak dimarah-marahin kok. Diajak share. Ditanya kesalahannya dimana, dan ditanya mau hukuman apa. Akhirnya dsepakati, hukumannya adalah minta tanda tangan Koordinator Korlap, Mas Ade Rahmad. Padahl itu adalah senior yang rada gue takutin, soalnya mukanya galak. Hehehehe. Peace ya mas :)

Then, semua hukuman sudah dijalankan. Kita upacara penutupan. Terus ada pengumuman pemenang. Dan, ternyata lomba menggambar peta Lab itu dimenangkan oleh DIODAAAAA !!! Kelompok terbaik juga, DIODAAAAA !!! Asli seneng banget itu waktu Irfan, Andri sama Anang maju ke depan buat nerima hadiahnya. Ospek jurusan ditutup dengan bersalam-salaman dengan panitia SLK, terus, dapet cap himanika di tangan kiri. Uda kaya mau masuk Dufan aja :)

Sayangnya, PTElka pulang paling terakhir, saat anak-anak jurusan lain udah pada selesai dari jam 3. Yah gabisa ketemu tim 11 lagi deh :( Mana gue kaga bawa HP, gak bisa hubungin siapa2 pula. Akhirnya nunggu, datanglah Mas Ihsan. Ealah tapi malah boncengan sama Om Rizki. Gue dimana? -_-

Pas lagi kaya gitu, datanglah teman-temand ari FBS yang longmarch ke semua fakultas di UNY untuk melakukan aksi damai. Asli, orangnya banyak banget. Gue jadi takut. Hehehe~

Well, itu dia cerita semasa ospek di UNY. Jelas sudah ketakutan gue selama ini nggak terbukti. OSPEK UNY ASIK !! Nggak ada acara perpeloncoan, main fisik. Justru gue kangen ospek lagi. Nemu temen-temen dari PTM, PTO, PTBB, PTSP, PTElko. Bikin cocad bareng. Foto-foto. Teriak yel-yel. Senam jasmani yang dipimpin sama Mas Candy. Berangkat jam setengah 6. Ngecengin Ageng. Ngegosip sama Ocha. Dijiwit pipinya sama Izha. Ulfa sama Dita yang ngaca terus. Eni yang pingsan terus. Udin yang mukanya lucu haha. Mas Alex, Mbak Wita, Mbak Nita yang amat-sangat baik. Mbak Meli, Irfan yang cerdas, Adit yang pinter, Chandra, Imron, Lila, Okta, Ojan, Kepala Suku Andri. Wah semuanya deh.

 Sebagian teman-teman tim 11. (Maaf ada yg gak hafal namanya hehe ^^)
Atas : mas siapa ya? hehe, Mas Udin, Mbak Ocha, Mas .. , Mas Faris
Bawah : Mbak Aya ,  Mbak Hanifah, Mas Ageng, Mas ... aduh lupa hehe

Penugasan cocard dan Toga
Toga segi enam, Cocard Fakultas, dan Cocard Jurusan PT Elektronika
Cocard Tersulit. Bnetuk laptop dengan lampu LED.

*) sayangnya nggak sempet foto sama anak2 DIODA dan Pemadu-pemandu tercinta :(

Semoga walaupun kebersamaan kita di OSPEK cuma 5 hari, tapi pertemanan kita gue harap bisa selamanya :)

Tepuk FT ~
F ... T .. FT UNY
BISA BISA BISA, KAMI PASTI BISA !!

1 komentar:

  1. wohh, cah informatika, salam blogger
    elektro uny 2010 dik :D

    BalasHapus

Komentar dari: