14 November 2010

Hari Sabtu (13-11-2010) di SMAN 1 Cibinong terjadikegaduhan yang luar biasa seusai istirahat *ceilah han bahasa lu*. Ya, kan dari jauh-jauh hari udah diumumin bahwa di sekolahan kita tercinta ini bakalan ada acara Donor Darah gitu buat bantu korban Gn. merapi di Jateng-Jogja sana.

Pas pertamanya sih gue nggak terlalu yakin, tapi gue daftar. Karena dasarnya emang pingin nyumbang, dan juga sekalian pingin tau, donor darah tuh kayak apa sih rasanya. Akhirnya gue daftar. Sempet ada keraguan dari nyokap waktu gue bilang gue mau donor darah, soalnya tekanan darah gue kan rendah ya, jadi beresiko. Cuman, sebelum donor kan nanti diperiksa dulu, layak atau enggaknya gue ikutan donor darah.

Awalnya, dikelas gue, yang ikut donor darah ada 20 orang dari 43 yang ada. Yang nggak ikut alesannya macem2, ada yang umurnya masih dibawah 17 tahun, berat badannya kurang dari 45 dan ada juga yang sebenernya mah takut jarum suntik, tapi bilangnya males. Hahahaha.

Pas gue lihat ke TKP yang buat donor darah, dan salah satu guru gue ada yang lagi di donor, GUE LIHAT JARUM SUNTIKNYA MEN !! Gede banget- _- Dan disitu gue langsung ciut banget. Hampir nggak ajdi tuh gue. Setelah gue mondar-mandir ngumpulin keberanian gue lagi. Akhirnya gue daftar dong ! Hehehe.

Pertama : Gue ngisi formulirnya dulu. Disitu gue nulis nama, TTL, trus sama kondisi badan gue dengan cara menyentang2 (√) kotak2 yang ada disitu.

Kedua : Periksa. Disitu gue nimbang berat badan dulu, di cek tekanan darahnya *LOLOS DOOONG!* terus dicek darah sm Hb nya. Hb gue 13.1 dan kata si ibu yang meriksa, Hb gue bagus hehehe :D

Ketiga : Nunggu. Nunggu ada dokter yang nganggur, soalnya pas gue dateng, dokternya lagi kerja semua hehe.

Keempat : Ini diaaaaaaaa ! Gue naik ke tempat tidur, di selimutin, di tensi, terus tangannya suruh di kepal. Terus dokternya nyari2 apa tuh di lengan gue. Dan lengan gue dikasih yang dingin2 gituuu. Terus dokternya ngebukka kantong darah beserta suntikan yang gede banget itu *nggak gede banget sih, yaa kira2 setengahnya sedotan air mineral yang gelas. hehe*. Gue sama dokternya baca Bismillah. Berntungnya, posisi tidur gue paling pojok, jadi gue diajak ngobrol terus sama temen-temen, pas disuntiknya, cuma kerasa bentar. Abis itu, udah. Biasa aja. Nggak sakit. Gue ngelirik jam tangan gw. 10.10. Dan pas diambil darahnya, gue sempet ngupdate status twitter loh. Hahahaha :D

Lihat dong itu muka gue, menikmati banget kayaknya -_- haha

Setelah 20 menit berlangsung, akhirnya selesai juga. Semua pada nanya, "gimana , Han lemes gak?" lah gue aja belum banguen dari tempat tidur, gimana taunya -_- Untungnya sih gue langsung seger. Terus dibawa ke ruang seni, dan disana disuguhin banyak sekale makanan. Mie instant, Susu, Bubur kacang ijo, sama Telor rebus. Kenyang dah gw -_- Terus dikasih obat juga buat nambah darah.

Nih obatnya. 2 tamblet sekali minum. Harus habis dalam waktu sehari.
Yang gue rasakan setelah donor darah tuh, seneng aja nggak tau kenapa. Paling nggak gue bisa nabung darah kalo suatu saat gue buth darah, misalnya pas ngelahirin. Hehe, lagipula, banyak ko manfaat donor darah itu ..

Ada manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh setelah melakukan donor darah bagi si pendonor :
1. Mengetahui Golongan Darah Tanpa di Pungut Biaya

2.Secara teratur memeriksakan kesehatan (tiap kali menjadi donor/tiap 3 bulan sekali) meliputi : tekanan darah, nadi, suhu, tinggi badan, berat badan, hemoglobine, penyakit dalam, penyakit hepatitis A dan C, Penyakit HIV/AIDS

3. Mengurangi kelebihan zat besi dalam tubuh

4. Pendonor yang secara teratur mendonorkan darah (setiap 3 Bulan) akan menurunkan Resiko Terkena penyakit Jantung terutama pada laki-laki sebesar 30% (British Journal Heart) seperti serangan jantung koroner dan stroke karena memungkinkan terjadinya pergantian sel darah baru. Badan merasa sehat.

5. Nafsu makan bertambah Happy bisa jadi gemuk

6. Menanamkan jiwa sosial
Diambil dari : " http://www.mig33indo.com/thread-5792.html "
Jadi, mau donor lagi ? ;)



Komentar dari:

Precious Moment . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates