24 April 2010

hueeeem. kali ini sedikit mengupas bahasa jawa dulu yaaa :)
agak sedikit lari dari si orang aneh ganteng yang biasanya menghiasi blog ini. hihi

okey, kenapa bahasa jawa?
firstly, gue asli jawa. jogja :) ayah gue orang ambarukmo, ibu gue orang sleman. dan gue dilahirkan di RSUD Sleman. secara tidak langsung, darah jawa mengalir ke tubuh gue. gue dari kecil emang mencintai jawa banget, jogja sih terutama sebagai kampung halaman gue. mulai dari panorama alam, obyek wisata, makanan khas, dan juga bahasanya.

gue bisa sih sedikit bahasa jawa, tapi itu juga kasar. hehe. makluuum, gue besar di bogor. jadi nggak pernah dapet didikan jawa formal di sekolah. taunya yaaaa dari percakapan ibu sama ayah gue aja kalo lagi pada ngobrol. dan kalo lagi iseng, ibu gue juga suka ngajakin ngobrol pake bahasa jawa. gue sih seru-seru aja.

disekolah pun begitu, kalo gue mengeluarkan bahasa jawa dikelas, mengundang banyak perhatian *nggak maksud caper looh* gue seneng aja logatnya, apa karena emang udah terbiasa lidah jawa ya? hehe. dan gue punya temen sekelas yang orang jawa juga, namanya Guntur. kita sering menggunakan bahasa jawa kalo dikelas, tapi dia lebih suka ngeledekin gue pake bahasa jawa.

"haaaalah, wis tuwo. ojo nesu-nesu. nek mengko ora iso ambekan piye?" , kata Guntur

"cah enom kok isone ming ngenyek wong tuwo" , kata gue

dan setelah itu sudah dapat dipastikan gue akan bertengkar dengan Guntur. dan itu akan membuat temen-temen sekelas bingung dengan artinya. haha gue nggak mengajarkan belajar bahasa jawa untuk berantem yaa :) seru aja gitu ngomong pake bahasa jawa. yaa itung-itung melestarikan budaya Indonesia kan :)

eheeeeem, ini coba ya gue curhat pake bahasa jawa, tapi kasar deeeeh haha ngga apa-apa kan ya namanya juga belajar.

nek ming iso ndelok saking adoh wae ra bakal puas aku. aku pengene iso luwih cedak karo dhe'e. nanging yo piye wis, dhe'e ki kok angel tenan le nyeda'i yo?

haha ngawur deeeeh :)
yang tau, itu artinya apa hayo ? hehe

dan suatu malam, gue iseng nanya-nanya sama ibu tentang bahasa jawa yang alus. dan gue diajarkan untuk memperkenalkan diri pake bahasa jawa, tapi gue lupa. haha entar deh kalo inget yaa :)

sore ini gue buka kaskus kan yaaa, iseng sih baca thread orang-orang. sampailah gue di tolololpedia.com . dan gue pilih bahasa jawa, jrejeeeeeng. mundullah bahasa-bahasa gaib  yang sebagian artinya sih gue ngerti lah dikit. gara-gara itu, gue jadi terobsesi lagi belajar bahasa jawa.

bahasa jawa itu dibagi 3 :
- ngoko : yang ini kasar
- madya : biasa
- krama : halus

nah, gue pengen bisa tuh yang krama. yaaa bekel lah kalo nanti gue kuliah di jogja :) ya gaaa ?
ini ada sedikit referensi buat yang mau bareng sama gue belajar bahasa jawa :

  1. penjelasan umum
  2. udaaaaah buka aja , jawa juga kok
  3. kamus huruf jawa
naaaah, gimana ? tertarik buat belajar bahasa jawa ?
hayu deh, belajar bareng gue. hehe


suwun :)

2 komentar

Salut Han! Ayo nguri-uri boso Jowo..He he he. Lha wong Bulek sing urip soko procot nganti saiki ning Jowo we yen kromo inggil dadi gadho-gadho. He he

REPLY

haha ~ tengkyu bulek udah mampir kesini. hehe
procot? hihi. belajar barengbareng deh kalo gitu. abisnya pengen bisa bahasa jawa yang bagus bulek. haha :D

REPLY

Komentar dari:

Precious Moment . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates